Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3

5 Negara Asing Yang Cinta Mati Dengan Kerupuk Indonesia

lensaterkini.web.id – Bagi orang Indonesia, kerupuk sudah menjadi teman sejati saat makan. Ya, apa pun makanannya, kerupuk selalu jadi pelengkapnya. Rasanya makan tanpa kerupuk itu, ibarat malam tanpa siang, bulan tanpa bintang, dan analogi serupa dengan itulah.
Bicara soal kerupuk, rupanya bukan hanya kita saja loh yang doyan dengan cemilan yang  satu ini. Ya, faktanya, kerupuk sudah mendunia loh. Bahkan salah satu negara sampai niat membarternya dengan pesawat militer. Lalu negara mana saja sih yang sampai sebegitunya cinta mati dengan kerupuk-kerupuk Indonesia ini? Simak ulasan berikut.
Rencana barter kerupuk Indonesia dengan pesawat sukhoi
Hal yang menarik terjadi akhir-akhir ini. Bagaimana tidak, ternyata kerupuk Indonesia ini jadi salah satu komoditas yang akan di barter dengan pesawat sukhoi Rusia. Mungkin terkesan sulit untuk dipercaya, namun inilah faktanya.
Ya, rupanya ketenaran kerupuk Indonesia memang sudah terkenal di dunia, jadi bukan hal yang aneh kalau sampai Rusia pun melirik kerupuk kita. Ditargetkan pesawat sukhoi senilai $570 juta akan di barter dengan kerupuk.
Orang China rupanya doyan nyemil kerupuk
Sejak adanya pameran makanan khas negara di Thailand beberapa waktu yang lalu, rupanya Indonesia sempat jadi sorotan. Ya, memang makanan khas negara kita ini memang sudah diakui oleh dunia mengenai kelezatannya. Namun ada yang berbeda kali ini, pasalnya makanan yang laris dipesan saat itu adalah kerupuk.
Ya, cemilan kerupuk yang sering ada di warung-warung itu rupanya bikin banyak orang asing jadi kepincut. Buktinya setelah merasakan kelezatan dan kerenyahannya, alhasil orang-orang negara tirai bambu itu sepakat untuk memborongnya. Tidak tanggung-tanggung, mereka membeli sampai 9 kontainer untuk dikonsumsi dan dikenalkan di negaranya. Siap-siap nih, kerupuk Indonesia jadi mendunia.
Korsel diam-diam suka dengan “Indonesia Crackers”
Rupanya nasib serupa juga dialami oleh Korea Selatan. Berawal dari mencicipi kerupuk yang ada di Thailand juga, akhirnya kepincut lah para orang Korea itu dengan makanan asli khas Indonesia. Lantaran rasanya sangat cocok dengan lidah mereka, akhirnya Korea juga memutuskan untuk membeli kerupuk asli Indonesia. Bukan main banyaknya, mereka bahkan sampai mengimpor 20 kontainer kerupuk untuk di kirim ke negeri gingseng itu.
Asal tahu saja dari total transaksi dari jual beli kerupuk Indonesia dengan China dan Korea ini mencapai Rp 12,6 Miliar loh. Bisa dibayangin kan sebanyak apa kerupuk seharga Rp 12,6 Miliar itu, satu kecamatan bisa tenggelam dengan lautan kerupuk tuh.
Singapura cinta mati dengan kerupuk tenggiri
Tetangga kita Singapura rupanya sangat doyan dengan kerupuk khas Indonesia terutama tenggiri. Ya, sudah bertahun-tahun lamanya beberapa UKM yang ada di Indonesia rupanya sangat sering mengirim kerupuk olahan mereka ke sana. Di sana ternyata kerupuk dihargai lumayan mahal loh, mencapai Rp 30 ribu.
Ternyata bukan hanya tenggiri doang yang laku, kerupuk olahan lain yang berasal dari bahan laut juga banyak diminati. Semisal cumi, udang dan lain-lain.
Kerupuk Indonesia laku di Belanda
Negara lain yang ternyata cinta mati dengan kerupuk rupanya adalah Belanda. Mungkin karena dulu sempat pernah menjajah Indonesia, jadi mereka pernah merasakan betapa enaknya kerupuk ini. Ya, alhasil sampai sekarang pun yang namanya kerupuk selalu menjadi pelengkap hidangan utama di Belanda.
Bisa dibayangkan sendiri, negara kecil itu rupanya selalu mengimpor kerupuk dari Indonesia mencapai 3,5 juta Euro dalam setahunnya. Ya, bisa dibilang kalau banyak orang Belanda yang sudah benar-benar kecanduan dengan makanan yang satu ini.
Mungkin remeh ya bagi Indonesia, namun rupanya banyak orang luar yang kepincut dengan kerupuk kita ini. Ini bukti kalau memang makanan khas Indonesia itu selalu cocok dengan lidah luar negeri. Kalau kerupuk bisa sukses, mungkin makanan lain juga akan menyusul.