Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3

Efektif & Efisien: Pengertian, Perbedaan & Contohnya

Efektif & Efisien, apa itu?.. Sering kali kita, selalu menuliskan efektif dan efektif baik pada kalimat atau penyebutannya. Terkadang penulis berpikir bahwa kedua kata ini adalah pasangan suami istri. Suami adalah efektif dan sedangkan efisien adalah istri. Maksudnya apa, coba teman-teman melihat orang tua atau diri kalian yang telah bersuami yang belum cepatlah nikah. Ingat umur bro. 
Pak efektif ingin atau mengusahakan sesuatu tujuan itu dapat kita peroleh atau barang tersebut dibeli, berselang beberapa saat sang istri, efisien pun nongol dengan berbagai senggol-senggolannya menawar pedagang untuk membeli barang atau tujuan yang ingin dibeli oleh efektif. 
Alhasil barangpun atau yang diharapkan oleh efektif terbeli dan berkat efisien, efektif mampu beli harga murah sesuai dengan apa yang diharapkan. 
Namun, esok hari pak efektif berjalan sendiri tanpa didampangi oleh istri tercintanya yakni efisien. Si pak efektif pun beli lagi suatu barang, atau apap itu, akhirnya uangnya habis namun pak efektif tidak sia-sia karena bisa beli barangnya. 
Namun, setelah pak efektif kembali di rumah. Pak efektif dimarahi oleh ibu efisien karena terlalu memboroskan uang atau waktunya walaupun barangnya bisa dibeli oleh sih pak efektif. 
Kemudian setelah itu, pak efektif pun menuju kesuatu tempat yang efektif dan efisien bersama ibu efisien. Berselang kemudian, pak efektif pun kembali diingatkan oleh ibu efisien untuk tidak hanya efektif tapi juga efisien. Pak efektif ikuti perintah ibu efisien dan alhasil yang dilakukan oleh pak efektif mampu untuk efektif dan efisienl. 
Maaf kepada teman-teman hadirin yang berbahagia dimanapun berada. Tentu kalimat terakhir ini, cukup memusingkan. Bukan tanpa alasan, penulis ingin merangsang pikiran teman-teman untuk terus meningkat. 
Maksud penulis juga menggunakan analogi tersebut, karena penulis tahu bahwa ciri khas masyarakat Indonesia, ketika berbicara persoalan romantisme, cinta, ayah ibu dll. Mudah di ketahui dan di pahami, contohnya banyak anak-anak pelajara atau anak SD sekalipun yang sudah tahu dan panggil-panggil bapak dan ibuan, ayah dan ibu, sayangku dll. Anak alay jaman sekarang. 
Selamatkan Indonesia, wahai generasi muda, sadarlah kalian. Kalian menghancurkan Indonesia yang telah di jaga oleh bapak ibu kalian dahulu. Sadarlah. 
Oke, itu sedikit siraman rohani, bukan siraman mie instan, atau siraman kuah bakso yang lesat itu. 
Berdasarkan kalimat penulis diatas, apakah sesuai dengan efektif dan efisien yang dibahas pada kali ini?. Tentu teman akan berpendapat sesuai dengan pikiran penulis. Apa itu? Tidak efektif dan efisien. 
Semoga teman-teman saat membacanya telah berpikir demikian. Jangan salah sangkah atau salah paham. Bentuk pernyataan penulis dalam mengawali sebuah pembahasan pengertian efektif, pengertian efisien, perbedaan efektif dan efisien, dan contoh efektif atau contoh efektif. merupakan kalimat pembuka penulis tulis diatas. 
Saran kepada teman-teman, jangan langsung membawa penglihatan anda kebawah atau kejawabannya. Mengapa? Penulis inginkan bahwa teman-teman sebelum melihat berbagai konsep dan referensi yang penulis tuliskan dibawah ini, teman-teman dapat melihat pembuka untuk mencari atau membentuk konsep atau membuat jawaban anda sendiri mengenai pengertian efektif dan efisien, perbedaan efektif dan efisien serta mampu untuk membuat contoh kalimat efektif dan efisien. 
Mengapa dan pengapa? 
Penulis ingin, teman-teman tidak terjajah oleh jawaban penulis sendiri dan teman-teman tidak memiliki sebuah jawaban yang dikonsepkan oleh pikiran teman-teman sendiri. Kalau teman-teman menggunakan jawaban penulis apalagi seluruhnya berarti teman-teman hadirin budiman, anda telah mati. 
Maka dari itu, usahakan kepada teman-teman untuk membawa pembuka ini dan semoga teman dapat membacanya. Adapun dalam informasi efektif & efisien adalah dibawah ini: 

Efektif & Efisien?

Efektif adalah pencapaian tujuan ataupun target dengan batas waktu yang telah ditetapkan tanpa memperdulikan biaya yang dikeluarkan. Sedangkan pengertian efisien adalah suatu pencapaian target dengan menggunakan biaya atau input yang sama atau kurang untuk menghasilkan (output) yang lebih besar. 

Pengertian Efektif dan Efisien: Apa sih Itu? 

Secara singkat atau sederhana, pengertian efektif adalah mencapai tujuan maksimal sesuai yang diharapkan. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi efektif atau pengertian efektif adalah mempunyai efek, pengaruh, akibat, kesan, mujarab atau manjur, membawa hasil ataupun berhasil baik dalam usaha, atau tindakan.
Sedangkan definisi efisien secara singkat atau sederhana, bahwa pengertian efisien adalah hemat biaya, waktu dan tenaga serta hasil yang maksimal tanpa mengeluarkan banyak biaya. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian efisien adalah kesesuaian sesuatu tanpa membuang biaya, waktu dan tenaga, dapat menjalankan tugas secara cermat dan tepat, bertepat guna, dan berdaya guna. 

Perbedaan Efektif dan Efisien 

Dalam perbedaan efektif dan efisien, tentu teman-teman mampu merabah perbedaan efektif dan efisien berdasarkan dari keduanya. Ketika efektif merupakan persoalan hasil, sedangkan kalimat atau persoalan efisien sebagai perbedaan dengan efektif adalah menyoal biaya untuk hasil yang sesuai yang kita targetkan. 
Alhasil, kedua paket kata antara efektif dan efisien, secara gamblang memang sulit dimengerti begitupun ketika ingin dibedakan. Namun, bukanlah perkara yang dapat dikatakan tidak bisa, hanya pada persoalan logika untuk membedakan kedua kata ini yakni efektif dan efisien. 
Sederhana, jika efektif atau efek adalah hasil, akibat atau pengaruh sedangkan efisien tentu adalah proses untuk mencapai hasil. Efisien selalu bicara modal sedikit tapi untung banyak. dalam kalimat tersebut, modal adalah efisien sedangkan untung banyak adalah efektif. 
1. Namun, bukan berarti kedua kata ini efektif dan efisien tidak harus terus bersamaan. Efektif terkadang ingin memuluskan segala cara apapun untuk mencapai hasil, akibat atau pengaruh. Walaupun biaya, atau waktu besar itu bisa tidak diperdulikan.  
2. Seperti halnya juga dengan efektif, efisien juga demikian. Efisien terkadang ingin menghemat biaya, waktu untuk mendapatkan hasil. 
Kedua point tersebut, terlihat dari kedua kata tersebut mengiyakan suatu hasil dan perbedaannya terletak hasil luar biasa dan biasa. atau secara sederhananya persoalan proses dan hasil.

Contoh Kalimat Efektif dan Efisien 

Setelah mengetahui pengertian efektif dan efisien, kita beralih ke contoh nyatanya. Ada banyak sekali contoh aktivitas yang efektif dan efisien dalam kehidupan sehari-hari.
Contohnya adalah aktivitas online shopping. Aktivitas ini bisa dikatakan efektif dan efisien karena pembeli tak perlu membuang waktu, tenaga dan bahkan biaya untuk datang ke mall atau toko untuk membeli barang karena dimanapun ia bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang juga bahkan lebih murah.
Begitu pula dengan penjual, karena ia tak perlu menyewa tempat untuk berjualan sehingga bisa menghemat biaya,waktu dan juga tenaga.
Demikianlah informasi mengenai Efektif dan Efisien. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.