Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3

Jenis-Jenis Komputer

Jenis-Jenis Komputer – Bagi kita semua, komputer bukanlah hal yang baru dan sebelumnya telah kami informasikan mengenai pengertian komputer. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi juga ikut maju hingga saat ini.

Pengertian komputer atau bagaimana itu komputer, kini mulai berkembang juga. Tak pelak membawa kita pada perubahan akan teknologi dan pemikiran untuk menambah wawasan kita tentang perkembangan teknologi komunikasi dan informasi termasuk mengenai komputer.

Baca Juga Pengertian Komputer: 

Pengertian Komputer: Apa itu Komputer? 

Perambaan saat ini mengenai komputer, sudah berjalan sedemikian rupa hingga banyak dari kita termasuk penulis sendiri, beberapa diantaranya tidak mengetahui. Pengetahuan kita wajar-wajar saja, jika selalui kurang dan bahkan terus berkurang.

Atau mungkin proposisi ini keliru, karena bukan pengetahuan kita yang berkurang , melainkan pengetahuan-pengetahuan kita saat ini terus berkembang hingga membuat kita untuk tahu.

Kemudian, bukan berarti pengetahuan kita berkurang, melainkan kita hanya merasa bahwa pengetahuan kita berkurang. Hal ini pun juga bukanlah kita sebagai manusia atau kita harus bersalah dan kemudian menyalahkan diri kita, padahal perkembangan teknologi informasi dan komunikasi itu sendiri diawali dari penemuan-penemuan kita, kita sebagai manusia.

Tanpa kita, pengetahuan baru atau pengetahuan yang terungkap tidak dapat sampai dalam perkembanga teknologi informasi dan komunikasi hingga saat ini. Seperti halnya mengenai komputer, Pengertian komputer hanya kita pandang sempit karena hanya itu saja yang kita ketahui dan diajarkan pada saat kita dikelas.

Begitu pula beberapa dari lingkungan kita, hanya mengetahui bahwa inilah komputer dan hanya itu komputer. Padahal komputer memiliki arti dan juga jenis-jenis yang lebih terbarukan sesuai dengan perkembangan zaman.

Maka dari itu, penulis pada kali ini menginformasi kepada teman-teman, kepad anda bahwa teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dan maju, begitupula dengan komputer yang jenis-jenis komputer atau macam-macam komputer pun semakin meluas.

Anehnya, hal-hal menyangkut mengenai jenis-jenis komputer, sering kita gunakan dan bahkan selalu kita gunakan setiap harinya. Setiap saat kita bangun dari tidur hingga tertidur pun sering kita gunakan. Apakah itu?

Lebih lengkapnya, mengenai jenis-jenis komputer, bacalah dengan baik informasi pada kali ini agar kalian tahu bahwa teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang pesat, sepesat anda diputusin sama mantan anda.  Ingat membaca informasi pada kali ini juga jangan diikut sertakan perasaan anda, walaupun penulis membawa sebuah kepedihan yang begitu mendalam sedalam lautan samudra, begitu pula kesedihan yang anda hadapi saat ditupuskan sama mantan anda.

Sedikit, lelucon ataun intermezzo dalam mengawali sesuatu yang serius, tidak apalah bagi sebuah pengethauan. Mungkin penulis terlalu lama bertele-tele menginformasikan kepada teman-teman, mengenai jenis-jenis komputer. Mari kita simak informasi dibawah ini….

Komputer dan Perkembangan TIK 

Komputer adalah alat yang digunakat untuk mengolah data menurut prosuder yang telah dirumuskan atau sistem yang ada. Pada mulanya, istilah computer digunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan artmatika, dengan atau tanpa alat bantu. Namunr arti kata ini selanjutnya dipindahkan kepada mesin itu sendiri. 

Sedangkan arti luar dari komputer dapat didefinisikan sebagia suatu alat yang peralatan elektronik terdiri atas beberapa komponen, yang mampu untuk bekerja sama antara komponen yang satu dengan yang lainnya dalam menghasilkan suatu informasi berdasarkan program atau data. Adapun komponen komputer yakni layar monitor, mouse, printer, CPU, dan keyboard.

Baca Juga: 

Jika kita diberi kata “komputer”, pikiran kita langsung mengingat alat yang berupa monitor, CPU, mouse, dan juga keyboard yang bekerja dalam menbentuk sebuah fungsi. Padahal, dalam kenyataannya komputer tidak sesempit yang kita pikirkan dan kita bayangkan. Komputer juga memiliki jenis-jenisnya yang mungkin atau memang tidak pernah kita temui atau bahkan juga tidak kita kethaui. 

Jenis-Jenis Komputer

Media elektronik yang juga dikategorikan sebagai komputer. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut… 
1. Desktop 
Ini biasa terpikirkan oleh seorang awam jika diberi kata “komputer” yaitu seperangkat alat elektronik yang terdiri dari mouse, keyboar, speaker, juga CPU dan beberapa hardawre lain (printer atau scanner). Dari jenis perakitan, dekstop terbagi atas dua yaitu: 

a. Built-Up
Dekstop sudah didesain dan dibentuk yang lengkap dari pabrik pembuatnya. Di sini user hanya membeli dekstop dan langsung untuk memakainya. Sebagian pabrik pembuat dekstop built-up ini yakni Hp, Asus, Zyrex, Acer dan MSI.  

b. Rakitan
Maksud penulis adalah user yang merakit sebuah komputer yang sesuai dengan spesifikasi yang anda atau pemilih gunakan. Dalam rakitan, user yang menentukan monitar atau hal-hal apa saja dalam perangkat komputer yang ingin digunakan. 

2. Laptop 
Laptop atau komputer jinjing ini atau notebook, merupakan sebuah mobile computer yang memiliki ukuran yang relatif kecil dan ringan bahkan beratnya pun berkisar dari 1-3 kg, bergantung dari ukuran, bahan dan spesifikasi laptop tersebut yang digunakan. 
Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adptor A/C. Baterai laptop yang pada umumnya mampu bertahan sekitar 1 sampai 6 jam, sebelum atau hingga akhirnya baterai habis, dan itupun bergantung dari cara pemakaian, ukuran baterai dan spesifikasinya. 
Sebagai komputer pribadi, laptop tentu saja memiliki fungsi yang serupa dengan dekstop pada umumnya. Komponen yang terdapat juga didalamnya hampir mirip dengan komponen pada dekstop. Perbedaannya hanya kepada ukurannya yang diperkecil, kemudian dijadikan lebih ringan, dan lebih hemat daya. Bentuk kecilnya inilah yang menjadi pilihan bagi setiap orang, setiap pelaku bisnis, mahasiswa dan masyarakat untuk memudahkan segala aktivitasnya. 
3. Tablet PC
Tablet PC merupakan laptop atau portabel computer yang memiliki bentuk buku. Mempunyai layar sentuh atau teknologi tablet digital yang membuat anda sebagai pengguna komputer untuk memanfaatkan stylus atau pulpen digital selain keyboar ataupun mouse komputer. 
Pengguna memasukkan teks mempergunakan program yang mampu dalam mengenali tulisan tangan, keyboard dalam monitor, pengenal percakapan, atau keyboard bisa (apabila ada). Tablet PC menggunakan layar LCD sentuh. Layarnya juga dapat diputer ke atas ke bawah hingga posisi keyboar dapat menghadap tanah atau dipangku atau di meja sesuai dengan posisi yang anda inginkan. Tablet ini memudahkan anda untuk dibawah kemanapun melebihi laptop. 
4. PDA 
PDA atau Personal Digital Assistant, yang merupakan sebuah alat elektronik berbasis komputer dan berukuran kecil serta mampu dibawa ke mana-mana. Ukurannya yang terbilang lebih sebesar handphone ini, banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya. 
Kemudian bertambah fungsi misalnya kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), perekam video, pengakses internet, penerima radio dan pencatat memo. 
Selain dari pada itu, kita juga dapat menggunakan buku alamat dari menyimpan alamat, membaca e-book, menggunakan GPS dan lain sebagainya. Versi PDA yang lebih canggih ini dapat digunakan sebagai telepon genggam, intranet, akses internet, ekstranet lewat Wi-Fi, atau jaringan wireless. Kemudian salah satu ciri dari khas PDA adalah menggunakan fasilitas layar sentuh.

http://www.artikelsiana.com/

Baca Juga: 

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis komputer. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua tentang informasi ini. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. Jangan Lupa Like dan Share. 

Referensi Jenis-Jenis Komputer: 

Setyaji, Jarot. 2010. Buku Pintar Menguasai Komputer dan Laptop. Jakarta: Media Kita. hlm: 5-8.