Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3

Novel: Pengertian Novel, Unsur-Unsur & Novel Menurut Para Ahli

Novel – Pernahkah teman-teman membaca novel? Tentu beberapa diantara kita ada yang pernah membaca novel dan ada juga yang sampai saat ini menjadikan novel sebagai makanan sehari-harinya. Maksudnya, setiap hari novel mengisi keseharian kita.

Penulis sendiri, juga suka membaca novel. Namun, novel yang memiliki jalan cerita menarik yang mengandung berbagai sisi kehidupan yang sesuai dengan kehidupan, dan mengedukasi atau memiliki genre filsafat atau ilmu sosial.

Terkadang penulis juga menyukai novel yang memiliki isi romantis, dan tetap mengandung edukasi, apalagi jalan cerita yang tidak membosangkan. Tentu, jalan cerita novel penulis dan teman-teman tentu ada yang memiliki kesamaan dan perbedaan.

Baca Juga:

Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, & Struktur Biografi
Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru
Pengertian, Ciri-Ciri dan Fungsi Sastra
Pengertian dan Unsur-Unsur Intrinsik Novel

Lepas dari hal tersebut, pada saat saya ingin membuat informasi ini, mengenai pengertian novel dan pengertian novel menurut para ahli. Beberapa buku yang penulis koleksi beberapa diantaranya pada saat sebelum menulis informasi ini, penulis mengira itu semua adalah novel. Namun setelah mempelajari dan menuliskan informasi ini, ternyata tidak semua buku tersebut adalah novel. Alhasil, dari informasi penulis tuliskan ternyata juga membawa manfaat kepada penulis.

Semoga saja informasi ini juga bermanfaat kepada teman-teman, walaupun penulis masih mempelajari pengertian atau apa itu novel yang notabene masih dalam hal dasar, namun informasi ini ternyata telah membuka pikiran penulis. Olehnya itu, penulis juga menginformasikan pengertian novel atau definisi novel, unsur-unsur intrinsik, dan unsur ekstrinsik dan pengertian novel menurut para ahli dibawah ini..

Pengertian Novel: Apa itu Novel?

Novel berasal dari bahasa Novella, yang dalam bahasa jerman disebut dengan novelle dan novel dalam bahasa Inggris, dan inilah yang menjadi masuk ke Indonesia. Secara harfiah novel didefinisikan sebagai sebuah barang baru yang kecil, yang kemudian diartikan sebagai cerita pendek yang memiliki bentuk bersifat prosa. 

Novel adalah karangan yang panjang dan memiliki bentuk prosa dan memiliki kandungan rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang lain di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan memiliki sifat setiap pelaku. Novel adalah bentuk karya sastra yang didalamnya terdapat sebuah nilai-nilai budaya, sosial, moral dan juga pendidikan. 
Novel merupakan media penuangan pikiran, perasaan dan gagasan penulis dengan merespon kehidupan di sekitarnya ketika terdapat permasalahan baru, nurani penulis novel akan terpanggil untuk segera dalam menciptakan sebuah cerita. 
Sebagai bentuk dari karya sastra tengah (bukan cerpen atau roman) novel merupakan sangat ideal dalam mengangkat peristiwa penting di kehidupan manusia dalam suatu kondisi kritis yang menentukan. 
Novel sebagai gambaran perpecahan yang tidak terjembatani dengan suatu komunitas yang merupakan kisah-kisah berkecamuknya pikiran-pikiran. Pandangan orang-orang yang jujur sehingga novel disebut sebagai karya sastra yang baik bukanlah tulisan atau karya yang kaya dengan tindakan jasmani yang menakjubkan, namun dengan terlibatnya sekian banyak pikiran yang sebenarnya tanpa dengan tambahan apapun kehidupan ini menarik selama dapat ditemukan orang-orang jujur dan bernilai dan terus terang setiap dari karya sastra yang baik pada dasarnya adalah kisah yang memiliki kecamuk pikiran dan pandangan setiap orang yang tidak malu untuk mengakui sikap mereka yang sebenarnya.

Perkembangan novel yang diketahui sebagai salah satu jenis karya fiksi, namun dianggap bersinonim dengan fiksi sehingga pengertian fiksi juga berlaku ke dalam novel. Novel merupakan bagian dari genre prosa fiksi. 

Berkaitan dengan pengertian novel sebagai karya sastra yang memiliki bentuk prosa fiksi. Novel masuk ke dalam fiksi (fiction) di sebabkan novel merupakan hasil dari khayalan atau sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Selain dari pada itu novel juga roman dan cerita pendek. 

Pengertian Novel Menurut Para Ahli 

1, Burhan Nurgiyanto
Nurgiyanto mengatakan bahwa istilah dari novella atau novelle memiliki pengertian atau definisi yang sama dengan istilah Indonesia novellet (inggris) yang diartikan sebagai sebuah karya prosa fiksi yang panjangnya cakupan, tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu pendek. 
2. Abrams
Menurut Abrams berpendapat bahwa sebutan novel dalam bahasa Inggris yang kemudian masuk ke Indonesia berasal dari Bahasa Italia novella. Secara harfiah novella memiliki pengertian sebagai sebuah barang baru yang kecil dan kemudian didefinisikan sebagai cerita pendek atau short story dalam bentuk prosa. 
Menurut Abrams Novel dalam sebutan bahasa inggris, berasal dari Italia Novella yang dalam bahasa jerman novelle. Secara harfiah novella berarti barang baru yang kecil, dan diartikan sebagai cerita pendek dalam bentuk prosa, novel adalah ceritap nedek yang diperpanjang, dan yang setengah panjang disebut dengan roman. 
3. Robert Lindell
Menurut Robert Lindell bahwa karya sastra yang berupa novel, awalnya lahir di Inggris dengan judul Pamella yang diterbitkan di tahun 1740. Mulanya novel Pamella  merupakan terdiri dari catatan harian seorang pembantu rumah tanggu lalu berkembang dan kemudian menjadi bentuk prosa fiksi yang seperti kita ketahui saat ini. 
4. Kenny, William
Menurut Kenney, William bahwa novel adalah 
Whre the short story compresses, the novel expand. For the intensity of the short story, the novel subtitutes complexity… Time and the novel the novel is decidedly not meant to be read at a single sitting. Because of is length, the novel is particularly suited, as the short story is not, to deal with the effect an character of the passage of time. 
5. Jassin
Menurut Jassin bahwa novel sebagai suatu cerita yang bermain dalam dunia manusia dan benda yang di sekitar kita, tidak mendalam, kemudian lebih banyak melukiskan satu saat dari kehidupan seseorang dan lebih mengenai sesuatu episode. 
6. Atar Semi
Menurut Semi, Atar bahwa pengertian novel adalah mengungkapkan suatu konsentrasi kehidupan pada suatu saat tegang dan pemusatan kehidupan yang tegas. Novel merupakan karya fiksi yang menampilkan aspek kemanusiaan yang lebih mendalam dan disajikan dengan halus. 
7. Goldmann
Menurut Goldmann mendefinisikan novel bahwa pengertian novel adalah cerita mengenai pencarian terdegradasi akan nilai-nilai otentik di dalam dunia yang juga terdegradasi, pencarian itu dilakukan oleh seorang hero yang problematik. 
Ciri tematik tampak pada istilah nilai-nilai otentik yang menurut Goldmann adalah totalitas yang secara tersirat muncul ke dalam novel, nilai-nilai tersebut yang mengorganisasikan sesuai dengan mode dunia sebagai totalitas. Atas dasar pengertian atau definisi novel tersebut, Goldmann mengelompokkan novel yakni novel psikologis (romantisme keputusasaan), dan novel pendidikan (paedagogis). 
8. Sayuti 
Pendapat demikian juga di definisikan oleh Sayuni, bahwa pengertian novel menurut sayuti adalah kategori dalam karya fiksi yang bersifat formal dan sebuah fiksi apapun bentuknya diciptakan dengan tujuan tertentu. 
9. Sudjiman
Menurut Sudjiman, pengertian novel adalah prosa rekaan yang panjang dengan menyuguhkan tokoh-tokoh dan menampilkan serangkaian peristiwa dan latar secara tersusun.

10. Khasanah
Menurut khasanah kesusastraan Indonesia modern, novel adalah karya yang lebih sederhana dalam penyajian alur cerita dan tokoh cerita yang ditampilkan dalam cerita tidak terlalu banyak..

Unsur Intrinsik Novel 

  1. Tema merupakan ide pokok yang menjalin isi cerita atau disebut dengna dasar cerita. Teman ini menyangkut dendam, kehidupan kerohanian, cinta kasih, persahabatan, keadilan dan lain sebagainya. 
  2. Alur merupakan urtan kedian yang sesuai dengan jalannya cerita. 
  3. Latar dan Setting merupakan hubungan waktu, tempat dan lingkungan sekitar yang didasari dari suatu cerita. 
  4. Penokohan merupakan gambaran yang jelas tentang seseorang yang ditampilkan ke dalam sebuah cerita
  5. Sudut pandang merupakan posisi pengaraman dalam menceritakan suatu peristiwa. 
  6. Amanat merupakan sesuatu yang berisi nasihat yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada pembaca. 

Unsur Ekstrinsik Novel 

Pengertia Novel, Unsur-Unsur Novel dan Novel Menurut Para Ahli- Unsur Intrinsik Novel dan Unsur Ekstrinsik Novel


Unsur ekstrinsik dapat berupa sikap, keyakinan, dan pandangan hidup pengarang yang ingin memengaruhi karya yang ditulisnya.

Baca Juga: 

Pengertian Paragraf, Ciri, Fungsi, & Jenis-Jenisnya
Pengertian Puisi, Ciri, Jenis-Jenisnya, Unsur & Struktur Puisi
Pengertian Pantun, Ciri Pantun, & Macam-Macam Pantun
Pengertian Diskusi, Unsur & Macam-Macam Diskusi

Demikianlah informasi Pengertian Novel, Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Novel serta Novel Menurut Para Ahli. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi:

Burhan Nurgiyantoro, Teori Pengkajian Fiksi . Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2010), h. 9 

Suroto, Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra INDONESIA untuk SMTA (Jakarta: Erlangga, 1989), h. 19. 

Fatimah, Nurul. 2015. Nilai-Nilai Religius Dalam Novel “Bulan Terbelah Di Langit Amerika” Karya Hanum Sasabiela Rais Dan Rangga Almahendra (Kajian Intertekstual). NOSI Volume 2, No. 9.  

Andriyani, Moh. 2014. Kupas Tuntas Secara Jelas Sampai Akar-Akarnya Bahasa Indonesia SMA Kelas 1, 2 dan 3. Jakarta: Pustaka Nusantara Indonesia. Hlm: 39.  

Wicaksono, Andri. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca 74-77.