Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3

Pengertian Hacker: Apa itu Definisi Hacker?

Pengertian Hacker – Banyak yang memiliki pemikiran tersendiri untuk definisi hacker atau pengertian hacker. Baik dari para ahli ataupun menurut anda sendiri. Ada yang terpesona dengan berbagai hal yang dilakukan oleh hacker dan kendati demikian juga sontak memberikan definisi hacker atau pengertian yang berkonotasi atau berarti positif. 
Serta ada juga yang tidak senang dengan apa yang disebut dengan hacker. Tak jarang, benturan-benturan pengertian atau definisi hacker sering diperbincangkan. Persoalan mendefinisikan hacker atau pengertian hacker tidak hanya terjadi bagi masyarakat awam atau yang kurang memiliki pengetahuan seperti kita, melainkan juga terjadi bagi seluruh para ahli teknologi informasi dan komunikasi dalam mendefinisikan hacker atau mencari pengertian hacker yang tepat. 

Baca Juga:

Dunia perfilm kita, juga banyak diisi oleh film-film yang menampilkan heroik sebuah hacker dan ada juga yang menampilkan hacker sebagai seorang yang melakukan sebuah hal yang tidak baik. 
Hal ini mengisi berbagai pikiran kita, dan memutar balikkan fakta serta kata yang memang memiliki tempat, fungsi dan tujuannya yang masing-masing. Maksud penulis atau kami, akan lebih mudah dimengerti teman-teman jika anda membaca keseluruhan mengenai informasi ini. 

Hacker, Apa itu? 

Sebenarnya istilah perusakan tidak nyata melibatkan Hacking atau Cracking, ada istilah lain misalnya Phreaker, CypherPunk, dan masih banyak lagi.  Beberapa istilah perlu kita tinjau dengan kata-kata di atas yang mungkin saja memliki arti yang kontradiktif. 
Hacker mempunyai pengertian seseorang yang ahli berkomputer dan mempunyai ketertarikan dan keinginantahuan yang sangat besar terhadap keamanan dan pertahanan sistem komputer, dan hacker tentunya mempunyai kemampuan yang dalam membuat perangkat lunak atau software developer. 
Akan tetapi, ada beberapa hal atau banyak hal dalam kontradiksi yang mewarnai pengertian Hacker atau definisi Hacker. Ada yang mengatakan bahwa Hacker adalah seseorang yang mempunyai kemampuan komputer yang tinggi, namun mereka dikategorikan sebagai perusak dan ancaman akan keamanan sistem komputer, seperti dikarenakan para hacker sering melakukan pembobolan. 
Hacker dengan perilaku demikian diindikasikan sebagai tindak kriminal, maka hal demikian tidak dapat dipungkiri jika istilah kriminal komputer cenderung dan bahkan banyak yang melekatkan pada Hacker, walaupun demikian banyak pembelaan yang dilontarkan sebagai upaya untuk memulihkan nama Hacker. 
Dalam dunia keamanan jaringan, istilah hacker dan cracker bukanlah hal yang asing atau lebih terdengar aneh lagi. Bahkan terdapat dua kelompok yang mempengaruhi keamanan jaringan sehingga sebagian orang menyebut mereka sebagai pengendali keamanan dunia maya. 

Definisi dan Definisi: Jangan Menyamakan

Namun, dilihat dari kenyataannya tidak banyak dari kita yang memahami pengertian hacker atau definisi hacker itu sendiri yang kedua dari istilah di atas memiliki definisi atau pengertian masing-masing baik definisi hacker atau definisi cracker. 
Jika kita ingin menelaah dan mencari letak perbedaan antara hacker dan cracker, terlihat bahwa mereka mempunyai tujuan yang sangat berbeda dalam melakukan aksinya. Pengertian Hacker atau definisi Hacker adalah bersifat menginformasikan sebuah kelemahan yang terdapat pada suatu sistem dan tidak merusaknya, sedangkan definisi atau pengertian craker adalah untuk mencari kelemahan dan bertindak sebagai perusak. 
Hacker, dalam bahasa Indonesia di definisikan sebagai peretas. Definisi Hacker (peretas) ini adalah orang yang mempelajari, menganalisis, selanjutnya jika mereka menginginkan maka bisa membuat, memodifikasi atau bahkan untuk mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat misalnya perangkat lunak komputer dan begitu juga dengan perangkat keras komputer misalnya program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya, khususnya dalam hal keamanannya. 
Hacker dapat juga didefinisikan sebagai kelompok orang yang tertarik dalam mengetahui secara mendalam tentang kerja suatu sistem, hardware, ataupun jaringan komputer, serta mampu dalam bereksperimen dengannya sehingga dapat memperoleh cara yang lebih baik dalam mengamankan sistem dan juga jaringan. 
Bagi seseorang yang sedang melakukan Hacker disebut dengan Hacking. Hack berasal dari bahasa Inggris klasik Haccian yang merupakan kata asli dari bahasa Jerman Barat. Hacking dengan kata kerjanya to hack merupakan kata kerja dari bahasa inggris yang memiliki arti atau makna luas. 
Arti hack tersebut mengandung makna yang dibutuhkan dalam tulisan ini. Tetapi hack (into) (sth) kata kerja informaal mempunyai arti: to use a computer to look at (and change) information that is stored on another computer. 
Definisi diatas yang pertama dapat disimpulkan bahwa pengertian hacking adalah suatu kegiatan yang menggunakan komputer untuk melihat atau merubah suatu informasi atau data yang tersimpan di komputer orang lain dan tidak mengandung makna komputer yang diguankan usert itu sendiri. 
Makna atau arti hacking mengandung unsur bahwa cara yang digunakan melibatkan hal lain yang mampu menyebabkan user untuk mengakses komputer orang lain. 
Sedangkan dalam definisi kedua, maksud penulis dalam hal ini untuk memberikan bahan pembanding menggunakan Concise Oxford English Dictionary. Dalam kamus tersebut hack mengandung arti: use a computer to again unauthorized acces to data. Sedangkan dalam kamus Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English, hack (into) (sth) yang mempunyai pengertian to gain acces to the contents of computer’s memory without permission. 
Sedangkan dalam kamus Longman Dictionary of Contemporari English: hack into mengandung pengertian atau definisi to secretfly find away to gent into the information on someone  else’s computer system so that you can use or change it
Dari pengertian atau definisi tersebut dapat dipahami bahwa hacking adalah suatu bentuk perbuatan atau usaha yang menggunakan komputer untuk mempunyai akses data yang secara tidak sah atau secara diam-duam atau tanpa isin di Komputer user sendiri atau komputer lain untuk digunakan atau dirubah. 
Sedangkan fa’il dari hack disini adalah hacker. Hacker menurut kamus Webster’s New World adalah Hacker Dictionary mempunyai definisi menarik yaitu orang yang senang atau mempunyai ketertarikan dalam mempelajari sistem komputer, dengan maksud untuk menguasainya menggunakan kemampuan atau keahlian yang dimilinya. 
Jadi setiap orang yang mempunyai girah mempelajari sistem komputer secara mendalam dengan atau tanpa bergantung atau otodidak pada orang lain, maka orang tersebut dapat dikatakan sebagai Hacker. 
Kemudian kamus Longman Dictionary of Contemporary English menyebutkan, hacker berarti someone who secretly uses or changes the information in other people’s computer systems. Definisi ini berarti bahwa hacker adalah seseorang yang menggunakan atau merubah suatu informasi dalam komputer orang lain dengan cara bersembunyi-sembunyi. 
Untuk lebih jelasnya, dalam terjamahan bahasa Indonesia bagi kata Hacking atau hacker, pada umumnya masyarakat atau media menerjemahkan menjadi retas bagi kata hacking, meretas sebagai kata kerja to hack (into) (sth), dan peretas bagi subjek atau pelaku yaitu hacker. Penerjemahan mengenai definisi hacker atau pengertian hacker dapat ditemukan dalam kamus besar bahasa Indonesia. 

Baca Juga:

http://www.artikelsiana.com/

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Hacker: Apa itu Definisi Hacker?. Semoga informasi pada kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat meluruskan berbagai penyimpangan pemahaman mengenai definisi hacker. Persoalan terkait mengenai perbedaan definisi hacker dengan yang terjadi dilapangan harus kita luruskan demi nama baik hacker. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-teman. Jangan Lupa Share dan Like. 

Referensi Pengertian Hacker: 

Th0R. 2008. HackeR’s Biggest Secret. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.  

Sanusi, Muzammil. 2010. The Genius Hacking untuk Membobol Facebook & Email. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 

Sulianta, Feri. 2007. Kontent Internet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.  

Anam Khairul. 2010. Hacking vs Hukum Positif & Islam. Yogyakarta: Sunan Kalijaga Press.