Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3

Prakarya: Pengertian, Hubungan Prakarya dan Kewirausahaan, & Manfaat Prakarya

Terdapat berbagai macam kajian dalam dunia pendidikan Indonesia salah satunya mengenai pendidikan keterampilan. Pendidikan tersebut, membimbing anak agar mampu mempunyai kemampuan dalam hal yang membuat atau menciptakan sesuatu agar dapat melakukan kegiatan yang memiliki hal baik dan juga cermat terhadap sumber-sumber yang terdapat dilingkungan untuk menjadi barang-barang kerajinan yang bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.

Dalam suatu pengertian sempit, keterampilan yang ditujukan dalam kegiatan-kegiatan yang mampu menciptakan suatu karya melalui prakarya. Dengan demikian pendidikan keterampilan adalah pendidikan prakarya.

Nama ataupun arti prakarya merupakan hal baru dalam pendidikan Indonesia. Prakarya bertujuan dan memiliki manfaat untuk pengembangan keterampilan dan kreativitas manusia. Terlebih dunia yang terus berkembang, membutuhkan berbagai ide-ide yang mampu untuk diterampilkan dalam kehidupan masyarakat.

Hal demikian, mampu untuk diaplikasikan atau dciptakan dalam dunia nyata dengan membentuk ide-ide kreatif dan juga keterampilan yang lebih kreatif. Hal tersebut menjadi sebuah landasan sejarah prakarya hadir.

Ada banyak suatu kebaharuan atau berbagai jenis-jenis barang-barang sekarang ini, yang kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat yang juga ikut dalam menggerakkan zaman. Olehnya itu, Prakarya hadir dalam mendidik dan mewadahi masyarakat Indonesia khususnya pelajar demi munculnya tangan-tangan terampil.

Hal tersebut yang juga melandasi penulis untuk menginformasikan kepada teman-teman mengenai Prakarya. Adapun informasi prakarya pada kali ini bukan persoalan hal yang bersifat mendalam, namun pada informasi kali ini, penulis hanya akan menginformasikan secara umum mengenai prakarya. Misalnya pengertian prakarya, ruang lingkup prakarya, hubungan prakarya dan kewirausahaan, dan juga manfaat prakarya atau tujuan dari prakarya tersebut.

Ada beberapa perhatian penulis sehingga hanya menginformasikan prakarya secara umum. Pertama, dari segi pemgembangan ide kreativitas teman-teman, kedua karena prakarya adalah suatu pengembangan yang membutuhkan kreativitas yang sifatnya subjektif.

Sehingga ketika penulis menginformasikan lebih dalam, bukan lagi pengembangan kreativitas teman-teman untuk menggali prakarya sesuai teman-teman, melainkan hal tersebut serupa teman-teman mengcopy paste penulis tuliskan pada kali ini. Semoga teman-teman dapat mengerti.

Adapun informasi mengenai pengertian prakarya, hubungan prakarya dan kewirausahaan, manfaat prakarya, dan jenis-jenis atau komponen prakarya dapat dilihat dibawah ini..

Pengertian Prakarya: Apa itu Prakarya? 

Pembelajaran Prakarya pada tingkat sekolah lanjutan pertama didahulu dengan suatu wawasan mengenai kearifan lokal di lingkungan sekitar menuju teknologi terbarukan. Pembelajaran mengenai prakarya dimulai dengan memahami fakta, prosedur, konsep maupun teori yang ada melalui suatu studi perorangan, kelompok maupun juga projek agar dapat memberi suatu dampak kepada pendidikan karakter yang dapat berupa kecerdasan kolektif. Hasil pembelajaran tersebut melalui suatu eksplorasi alami maupun juga dengan buatan (artificial) yang dapat bermanfaat sebagai media sekaligus sebagai bahan pelajaran.

Prakarya adalah kelompok mata pelajaran yang memiliki konten dikembangkan oleh pusat dan juga dilengkapi melalui konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah, sehingga dalam kelompok ini tidak begitu penulis direfleksikan dalam suatu pendekatan humanis.

Prakarya juga bisa berhasil dari istilah pra dan juga karya, pra memiliki makna belum dan karya adalah mengenai hasil kerja. Prakarya memiliki definisi sebagai hasil kerja yang belum jadi, prakyarnya berupa suatu proof of concept atau sebuah prototipe. 

Prakarya belum memiliki target pemasaran, olehnya itu, belum terdapat suatu penggunanya atau konsumennya. Salah satunya dengan pengunannya mungkin si developer ataupun desainer itu sendiri. Kualitas belum menjadi perhatian sebab yang paling utama adalah bentuk dasarnya. Harga dalam sebuah prakarya ditentukan dengan sangat subyektif sebab belum tahu potensi suatu pasarnya. 
Prakarya mempunyai suatu pengertian Ketrampilan, hastakarya, kerajinan tangan, ataupun mengenai keterampilan tangan. Adapun bahan yang digunakan yang tersedia secara umum dipasaran, sehingga mampu tingkal merangkai ataupun juga pemanfaatan mengenai limbah dan juga bahan bekas.

Prakarya memiliki peranan penting dalam pengembangan suatu kreatifitas dan juga mengembangkan suatu sebuah inovasi baru.

Secara substansi bidang prakarya mengandung kinerja kerajinan dan juga teknologi. Olehnya itu, dalam pengembangan strand ataupun aspek pada mata pelajaran Prakyara terdiri dari Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan juga tentang Pengolahan. 
Adapun mengenai pengertian Prakarya adalah tentang usaha untuk memperoleh mengenai kompetensi cekat, cepat dan juga tepat yang melalui suatu pembelajaran kerajinan, rekaya, budidaya, dan juga tentang ilmu pengetahuan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan suatu pengalaman dan juga pelatihan.


1. Kerajinan 

Kerajinan adalah suatu buatan tangan atau kegiatan yang dilakukan dengan barang untuk dihasilkan melalui suatu keterampilan tangna (kerajinan tangan). Kerajinan tangan dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan. Kerajinan tersebut menghasilkan hiasna atau benda seni maupun barang yang dipakai. Umumnya, istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat barang-barang. 

Kerajinan tangan dapat terbuat dari barang-barang bekas misalnya botol bekas, kardus, dan plastik makanan. Kerajinan yang terdiri dari 2 jenis yakni:

  • Kerajinan bahan alami merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan alami ataupun berbahan dasar alam misalnya bambu, serat dan rotan. 
  • Kerajinan yang berbahan buatan merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan buatan misalnya lilin, plastik, gips, sabun, dll.
2. Pengolahan 
Pengolahan sebagai suatu proses memberikan pengawasan terhadap semua hal termasuk pelaksanaan kebijakan dan juga pencapaian tujuan. 
Sedangkan menurut M. Manullang bahwa pengertian pengelolaan adalah suatu proses yang dalam pelaksanaan suatu tujuan tertentu itu diselenggarakan dan juga diawasi. 
3. Budidaya
Pengertian Budidaya adalah kegiatan yang terencana dalam pemeliharaan sumber daya hati untuk suatu areal lahan dalam mengambil manfaat atau hasil panennya. Kegiatan budi daya dianggap sebagai inti dari usaha tani. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, budi daya adalah usaha yang memiliki manfaat dan juga memberi suatu hasil.

4. Rekayasa
Pengertian rekayasa dalam prakarya adalah penerapan kadiah-kadiah ilmu demi pelaksanaan (seperti perancangan, pembuatan kontruksi, serta pengoperasian kerangka, peralatan, dan sistem yang ekonomis dan juga efisien).

Hubungan Prakarya dan Kewirausahaan

Prakarya sering dikaitkan atau di hubungkan dengan kewirausahaan. Hubungan Prakarya dan Kewirausahaan digolongkan ke dalam pengetahuan transcience-knowledge, yakni pengembangan pengetahuan dan melatih keterampilan kecakapan hidup berbasis seni, teknologi, dan ekonomi.

Pembelajaran yang dimulai dengan melatih kemampuan ekspresi kreatif untuk menuangkan suatu ide dan juga gagasan agar menyenangkan orang lain, dan dirasionalisaiskan secara teknologis sehingga keterampilan tersebut mampu bermuara pada apresiasi teknologi terbarukan, hasil ergonomis dan aplikatif dalam memanfaatkan lingkungan sekitar dengan memperhatikan dampaknya terhadap ekosistem, manajemen, dan juga ekonomis.

Manfaat Prakarya

Manfaat prakarya dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Memfasilitasi peserta didik untuk berekspresi kreatif melalui suatu keterampilan teknik dengan suatu karya ergonomis, teknologi dan juga ekonomis. 
  • Melatih suatu keterampilan dalam mencipta karya berbasis estetika, artistik, ekosistem, dan juga teknologis. 
  • Menghasilkan karya yang mampu untuk dimanfaatkan dalam kehidupan, mampu bersifat pengetahuan maupun sebagai landasan dalam pengembangan berdasarkan suatu teknologi kearifan lokal maupun juga sebagai teknologi terbarukan. 
  • Menumbuhkembangkan suatu jiwa wirausaha melalui mealtih dan juga mengelola penciptaan suatu karya (produksi), mengemas, dan juga menjual berdasarkan prinsip ekonomis, ergonomis, dan juga yang berwawasan lingkungan. 
Demikianlah informasi mengenai Prakarya. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita sehingga mampu meningkatkan kreativitas yang dibuktikan melalui karya-karya agar memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sekian dan Terima Kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.